Sistemhape - Kenapa Baterai HP Cepat Rusak? Sering sekali pertanyaan serupa tersiar di kalangan pengguna HP ya, baik yang menggunakan Handphone biasa hingga smartphone berbasis android, iOS dan ponsel cerdas lainya. Baterai bisa dibilang salah satu nyawa dari HP

Walaupun saat ini sudah banyak beredar HP cerdas dengan dukungan baterai kapasitas besar, namun hal ini ternyata masih belum bisa mengatasi cepat rusaknya baterai HP. Dengan kapasitas yang besar, HP diharapkan bisa lebih tahan lama dan tidak bolak balik melakukan charging ( pengisian daya ulang ), karena sebenarnya setiap baterai itu memiliki kemampuan charging ulang yang terbatas.

Nah, dari kesimpulan diatas, semakin jarang di charger, maka umur baterai akan jauh lebih panjang, karena kita memperlampat sirkulasi isi ulang.

Tapi nyatanya tidak begitu membantu, baterai HP tetap cepat rusak dan susahnya lagi jika baterai yang digunakan di HP model tanam, yang mengharuskan bongkar cassing HP.

Kenapa Baterai HP Cepat Rusak? Berikut ini Penyebabnya

Untuk itu, sistemhape mencoba menguraikan permasalahan yang bisa menyebabkan baterai HP cepat rusak. Kebanyakan baterai HP cepat rusak karena human error, kesalahan pengguna HP itu sendiri. Penggunaan yang tidak teratur terlalu ekstrim juga penyebab cepat rusaknya baterai HP.

Lalu apa saja penyebab baterai HP cepat rusak? Tidak awet?

1. Cara charging ( isi ulang ) HP yang salah

Banyak sekali pengguna HP yang menganggap remeh proses pengisian ulang HP. Padahal, saat proses pengisian ulang sangat berpengaruh terhadap baterai HP. Kesalahan yang sering terjadi mengakibatkan baterai cepat rusak, yaitu proses pengisian ulang baterai HP sambil digunakan. Biasanya kita tidak sabar menunggu hingga penuh, dan chatting atau media sosial yang sudah banyak notifikasi masuk, maka kita menggunakan HP sambil di charger. Cara seperti ini juga ikut andil baterai HP cepat rusak.

Charger HP terlalu lama, biasanya kita melakukan charger HP sebelum tidur dan dibiarkan hingga pagi, sehingga HP sebenarnya sudah penuh namun masih terus terhubung dengan arus listrik. Cara ini juga bisa memperpendek umur baterai HP sobat.

Sebaiknya untuk proses charging, bisa dilakukan dengan cara mematikan HP atau mematikan Paket data internet agar proses pengisian daya lebih cepat, dan pastikan cepat dicabut jika sudah penuh.

2. Penggunaan ekstrim untuk game

Semakin canggihnya HP, saat ini game banyak sekali bisa dimainkan secara gratis. Selain itu game-game yang memiliki grafis dan fitur yang sangat bagus. Dengan game yang memiliki visual effek bagus dan grafis bagus, tentunya juga membutuhkan dukungan kinerja yang berat juga. Kadang kita memaksa HP yang sebenarnya terlalu berat menjalankan game. Alhasil HP jadi panas, dan konsumsi daya juga semakin besar. Sehingga bisa memicu baterai HP cepat rusak

3. Pengguna Aplikasi Sosmed Maniak

Bermain sosial media memanglah cukup menarik, ada-ada saja hal baru yang muncul di beranda sosial media, tapi ternyata menggunakan sosial media yang berlebih juga bisa memicu baterai HP cepat rusak. Hal ini hampir sama seperti point nomor 2 tadi, HP dipaksa bekerja ekstra untuk mencari jaringan yang bagus demi mendukung loading sosial media dan juga HP akan ontime menyala terus.

4. Aplikasi berjalan terlalu banyak

Selain membuat HP menjadi berjalan lambat, aplikasi yang berjalan secara bersamaan juga bisa memperpendek usia baterai. Baterai akan cepat panas dan juga cepat habis. Sehingga kita akan sering melakukan charging ulang yang bisa membuat baterai HP cepat rusak. ( Baca juga: Cara Mengatasi HP Android Lemot Banget )

5. Live widget dan jaringan yang susah

Menggunakan widget berupa animasi atau live update juga bisa menguras baterai dengan cepat, selain itu jaringan yang susah juga akan membutuhkan daya lebih. Dengan daya yang cepat terkuras, ini bisa menjadi peyebab baterai HP cepat rusak.

6. Pengisian telat

Terkadang melakukan perjalanan jauh atau memang malas melakukan pengisian ulang sehingga memaksa HP terus bekerja padahal isi baterai sudah hampir habis. Bahkan membiarkan HP sampai mati sendiri, cara ini sangatlah tidak dianjurkan. Baterai yang sering telat di isi ulang juga akan cepat rusak. Selain itu HP juga kadang susah di charger jika memang benar-benar sudah kehabisan. HP mati tidak mau di charger yang mengharuskan menggunakan bantuan charger desktop.

Bagaimana cara merawat baterai HP?

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab yang umum dilakukan, maka perlu melakukan perawatan baterai HP agar tetap awet. Merawat baterai bisa dengan cara menghindari penggunaan yang terlalu ekstrim, pilih mode jaringan yang paling stabil. Gunakan tampilan yang standart saja agar lebih ringan dan tidak terlalu membutuhkan daya lebih.

Itulah beberapa hal yang bisa memperpendek usia baterai HP sobat, jika baterai sobat sudah mulai terasa aneh, seperti cepat habis, indikasi yang berubah ubah dan juga kondisi fisik mulai kembung, sebaiknya cepat melakukan penggantian. Jika dibaiarkan hingga benar-benar mati nanti bisa saja merembet ke komponen lain.

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar yang relevan, komentar melalui moderasi dan mohon maaf untuk komentar berupa link aktif tidak akan ditampilkan.

Beri centang NOTIFY ME agar sobat tahu kalau komentar sudah kami balas

~ Selamat berkunjung di Blog kami ~